Kenali 11 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Properti Kost

Kenali 11 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Properti Kost


keuntungan bisnis properti kost

Bisnis properti kost adalah salah satu dari sekian banyak model bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan. Maka dari itu bisnis yang satu ini sudah pasti tak luput dari mata para pebisnis dan investor.


Apa yang membuat Bisnis Properti Kost begitu Menjanjikan?

Sebab keuntungannya yang menjianjikan menjadikan para pebisnis dan investor tak lagi meragukan bisnis yang satu ini karena kebutuhan akan kamar kost sangatlah tinggi, terutama di daerah perkotaan yang dekat dengan kawasan perkantoran, pendidikan, dan pusat perbelanjaan.

Biasanya, orang akan lebih memilih menyewa kamar kost yang dekat dengan lokasi tempat kerja atau kampus mereka apabila rumah mereka jauh dari lokasi tersebut.

Bisnis ini memiliki keuntungan modal (capital gain) yang sifatnya jangka panjang (bahkan berpuluh-puluh tahun lamanya) sehingga suatu saat nanti Anda dapat mewariskan bisnis ini kepada anak cucu Anda.

Capital gain yang diperoleh dari menyewakan kamar kost rata-rata lebih tinggi bila dibandingkan dengan investasi tanah kososng atau rumah kontrakan.

Dapatkan keuntungan bukan hannya dari menyewakan kamar kost saja. Ada cara lain agar Anda bisa mendapat keuntungan lainnya dengan menyediakan layanan tambahan bagi para penghuni kost seperti jasa laundry dan catering.


Nah, Bisnis properti kost sangat Menjanjikan bukan?

bisnis properti kost


Terlepas dari modalnya yang cukup besar di awal, bisnis ini terbukti sangat menjanjikan dengan keuntungan jangka panjang.
Jika Anda masih ragu-ragu, Yuk pahami kelebihan dari Bisnis ini.

  1. Investasi Anti Rugi
    Bisnis ini dapat dibilang investasi Anti rugi, alasannya karena harga tanah dan bangunan akan terus naik seiring berjalannya waktu, sehingga bisnis yang satu ini minim resiko rugi.
    Jika Anda memiliki bisnis kost ekslusif, maka keuntungannya bisa semakin berlipat ganda!
  2. Balik Modal dalam waktu singkat
    Meskipun bisnis ini terbilang memerlukan modal yang besar di awal, namun perputaran uang di bisnis ini sangat cepat dan modal yang Anda keluarkan di awal bisa kembali dalam waktu yang relatif singkat.
    Jika di rata-rata biasanya dalam kurun waktu 5-10 tahun modal akan kembali dengan tambahan keuntungannya.
  3. Penghasilan Jangka Panjang
    Selama rumah kost tetap berdiri dan selama kamar kost banyak penghuninya, maka Anda akan terus mendapat keuntungan.
    Jika tempat kost Anda berada di lokasi yang strategis maka kemungkinan besar rumah kost Anda akan terus terisi bahkan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya.
    Dan selama rumah kost terisi penuh, Anda tinggal menikmati waktu sambil melakukan kegiatan lainnya.
  4. Penghasilan Lebih Tinggi Dibangingkan Dengan Rumah Kontrakan
    Jika diperhatikan, pengelolaan rumah kost memang lebih merepotkan dibanding rumah kontrakan.
    Tapi jika Anda membandingkan penghasilannya, rumah kost jauh lebih menguntungkan daripada rumah kontrakan.
    Belum lagi Anda bisa menyediakan layanan tambahan kepada para peghuni kost seperti laundry dan catering.
  5. Peminat Cukup Banyak
    Salah satu kunci sukses membangun bisnis ini adalah memilih lokasi yang strategis.
    Namun walaupun lokasi rumah kost Anda tidak begitu strategis, akan selalu ada peminat untuk rumah kost Anda.
    Selama harga sewa bersaing serta fasilitas yang memadai, maka Anda bisa menarik minat para calon penghuni rumah kost Anda.
  6. Bangunan Lebih terawat
    Keuntungan lainnya dari bisnis ini adalah karena bangunan senantiasa terawat dengan baik jika dibandingkan dengan rumah kontrakan, karena Anda biasannya perlu melakukan beberapa berbaikan secara rutin seperti masalah air, listrik, cat tembok, dan atap.
    Berbeda dengan rumah kontrakan yang Kita tahu penghuninya belum tentu peduli dengan perawatan rumah.
    Sehingga jika sewaktu-waktu Anda ingin menjual bangunan tersebut maka bangunan Anda bisa terjual dengan harga yang sangat tinggi karena kondisinya sangat baik.
  7. Capital Gain tinggi
    Sebagai properti yang menghasilkan, rumah kost tentu memiliki nilai jual kembali yang jauh lebih tinggi daripada nilai awalnya.
    Ini juga yang membuat bisnis yang satu ini sangat diminati para pembeli baru karena mereka paham modalnya akan kembali kelak.
    Rumah kost juga adalah investasi Anda yang bisa Anda wariskan ke anak cucu Anda nantinya.

Selain Kelebihan yang sudah di jelaskan diatas, Anda juga perlu menyimak betul kekurangan dari bisnis ini.
Dalam menjalankan sebuah bisnis pastilah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti halnya bisnis ini yang juga memiliki kekurangan.


Inilah Kekurangan dari Bisnis Ini.

  1. Pemilik Kost harus bisa me-manage dengan baik
    Sebagai pemilik kost tentu Anda harus dapat me-manage rumah kost Anda dengan baik, seperti membuat jadwal kunjungan rutin, menentukan peraturan yang tegas dan jelas untuk semua penghuni kost seperti jam malam, membawa masuk orang luar khususnya lawan jenis, serta kebijakan pembayaran iuran kost, dan lain sebagainya.
  2. Telat membayar Iuran Kost
    Kadang kala terdapat penghuni yang telat membayar iuran kost pada saat Anda menagihnya, karena kebanyakan penghuni kost merupakan mahasiswa yang belum mempunyai penghasilan sendiri dan masih menunggu uang kiriman dari orang tuanya.
    Atau para karyawan yang memiliki penghasilan yang tidak terlalu tinggi, maka dari itu Anda selaku pemilik kost harus memiliki aturan yang jelas dan tegas.
  3. Rumah Kost memiliki potensi menjadi sepi
    Tak bisa dipungkiri bahwa peluang sepi nya kamar kost bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Yaitu jika fasilitas yang menjadi daya tarik rumah kost Anda sewaktu-waktu hilang, seperti kampus, perkantoran, dan pusat perbelanjaan.
    Jika salah satu dari ketiga hal tersebut tutup atau perpindah ke tempat lain bisa saja kost Anda menjadi sepi. Tentu hal semacam ini sangat jarang terjadi, Namun tetap saja Kita tak boleh melupakan perhitungan yang satu ini.
  4. Kurangnya Pengawasan
    Seringkali para pemilik kost kesulitan jika harus mengawasi setiap penghuni kost. Hal ini menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindak kriminalitas dan terorisme. Hal itu membuat reputasi rumah kost Anda menjadi buruk dimata penghuni kost lain dan calon penghuni kost baru.
    Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan maka penting bagi Anda untuk mengetahui identitas dan motivasi calon penghuni kost sebelum menerimanya.
    Jika perlu Anda bisa membayar orang untuk selalu menjaga rumah kost Anda, seperti menyewa satpam.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan yang tentunya harus Anda ketahui sebelum Anda terjun di bisnis ini nantinya, agar Anda dapat menjalankan bisnis ini dengan baik dan benar, mendapat keuntungan yang maksimal, dan tentunya dapat terhindar dari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Jika Anda tertarik mempelajari bisnis yang satu ini segera bergabung bersama Yukbisniskost.com
Dengan begitu Anda akan tergabung bersama KSI Community dimana para pebisnis dan investor bisnis properti kost berkumpul yang nantinya akan membantu Anda dalam mengembangkan Bisnis yang akan Anda bangun.

Sekian pembahasan pada kesempatan kali ini, terimah kasih

Postingan Populer